Sunday, June 5, 2016

ROAD TO KYD 2016 : Kegiatan Laudato Si

Syalom ! Halo OMK, Salam orang muda ! :D
Kali ini aku pengen berbagi cerita sehubungan dengan kegiatan akbar di Keuskupan Agung Palembang yang akan dilaksanakan tanggal 20-24 Juni 2016 nanti. Semuanya pasti udah pada tau dong kalo liat judul post ini. Yup.. KAPal Youth Day 2016
Aku bagian dari OMK Keuskupan Agung Palembang, khususnya OMK Dekanat 3, khususnya OMK Cubengtuling Ketemu, khususnya lagi OMK Lubuklinggau pengen berbagi cerita tentang persiapan-persiapan menuju KYD 2016 :D
Jadi, sebelum mengikuti acara puncak KYD, para OMK di KAPal musti kudu wajib mengikuti kegiatan-kegiatan PRA-KYD 2016. Apa aja sih kegiatan PRA-KYD nya ?
1. Perarakan Salib KYD
2. Pelaksanaan materi-materi KYD
3. Laudato Si

Saat aku nulis post ini kebetulan OMK Lubuklinggau udah selesai melaksanakan ketiga kegiatan PRA-KYD tersebut, maka aku akan mencoba berbagi cerita tentang kegiatan-kegiatan tersebut satu persatu.

OMK Lubuklinggau memulai kegiatan PRA-KYD 2016, dengan melakukan gerakan Laudato Si.

Bentar deh LAUDATO SI itu apa sih ?
Jadi Laudato Si itu semacam gerakan Ekologis yang wajib diikuti oleh masing-masing dekanat, seperti menanam atau menebar 2016 bibit, namun angka tersebut tidak menjadi patokan harga mati, yang terpenting ada suatu gerakan ekologis dari masing-masing paroki/distrik/dekanat :D
OMK Lubuklinggau sendiri kemudian memilih untuk menanam biji buah durian (yang memang tidak sejumlah 2016 bibit, karena kalo 2016 beneran kami bakalan buka lahan sendiri, hahaha) dan menebar bibit ikan lele.


1. OMK LUBUKLINGGAU MENANAM BIJI BUAH DURIAN (21-28 Februari 2016)
Mengapa harus durian ? Sebenarnya ga ad alasan tersendiri kenapa kami memilih durian, cuma memang pas bulan-bulan itu lagi musimnya buah durian jadi harganya murah.
Selain itu sebelum ditanam, kami (sebenarnya mereka, karena aku ga ikut makan :')) bisa menikmati buahnya dulu, baru deh bijinya kami tanam, haha.
Ini sedikit potret bukti keceriaan mereka-mereka saat menikmati buah durian bersama :D








Entah kenapa sampai sekarang aku ga suka buah durian, jadi ga bisa ikut-ikutan makan :’) Untuk foto-foto keseruan lain, bisa dilihat di facebook di link OMK ROAD TO KYD 2016 :D
Proses makan memakan itu kami laksanakan tanggal 21 Februari, sedangkan proses penanaman kami lakukan minggu depannya yaitu tanggal 28 Februari 2016. Ini foto-fotonya. 







Foto terakhir itu saat kami berdoa bersama pendamping kami (Bp. FA. Sumantri). Memang tidak terlalu mewah, tetapi kami sudah punya niat dan melakukan gerakan ini, harapannya semoga biji durian hasil jilatan mereka bisa tumbuh subur, dan hasilnya bisa dinikmati bersama kembali, hehe. AMIN :D


Next, kegiatan LAUDATO SI kami yang kedua yaitu …..

2. OMK LUBUKLINGGAU MENEBAR BIBIT IKAN LELE (1 MEI 2016)
Jangan tanyakan kenapa harus bibit ikan lele, anggap saja kami memang pengennya itu, :D
Awal ceritanya kami berniat untuk menebar bibit ikan lele ini di danau, namun sayangnya karena ada kendala disana-sini dan waktu perencanaan yang memang kurang matang, akhirnya kami menebarnya di sungai. Tapi jangan salah, walaupun di sungai tetep seru kok :D Sandalku aja putus lo pas jalan kakinya, hiks :')
Yuk lihat :D






Maaf untuk foto-foto yang rada ga jelas karena memang faktor foto pake hp :D 
Untuk foto-foto yang lebih bijaksana dan berwibawa bisa di buka di link ini  LAUDATO SI : Penebaran Bibit Ikan Lele, soalnya dipotret lewat kamera, hehe.
Cerita seru dari kegiatan ini sebenernya adalah saat lewat jembatan gantung menuju sungai. Ada aja anak OMK yang sebegitu takut dan gemeternya (sebut aja Septi Riana, haha) sampe-sampe harus dituntun, memang sih jembatannya rada goyang-goyang saat itu, hahaha. Terus, walaupun bibit-bibit ikan lele yang kami lepas saat itu masih kecil-kecil, saat kami tinggal pergi, ada aja penduduk sekitar situ yang langsung ke sungai dan mencedok ikan-ikan itu (tapi ga semua). Secara ga langsung, kami udah berbagi rezeki untuk mereka, kan ? hahaha.. Harapan kami, semoga ikan-ikan yang berhasil bebas di sungai itu bisa tumbuh gede, dan pada waktunya bisa ditangkep, dimakan, dan bermanfaat untuk orang lain :D Yeay !


Itulah dua kegiatan Laudato Si ala OMK Lubuklinggau. Singkat memang ceritanya karena prosesnya pun memang berlangsung cepat. Gimana dengan Laudato Si di distrik/paroki kalian para OMK ? Bagi ceritanya yuk, ditungguuu hehe.

Bye-bye. Tuhan memberkati !


Lihat juga yuk, rangkaian KEGIATAN PRA-KYD 2016 OMK LUBUKLINGGAU :
1. ROAD TO KYD 2016 : Kegiatan Laudato Si
2. ROAD TO KYD 2016 : Perarakan Salib KYD
3. ROAD TO KYD 2016 : Pembekalan Materi KYD

No comments:

Post a Comment